Sunday, October 2, 2011

Wah, di Paris Kini Ada Rental Mobil Listrik


TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Paris meluncurkan penyewaan mobil listrik pertama yang ditujukan untuk mengurangi kemacetan di jalan-jalan utama. Penyewaan mobil listrik ini dilakukan menyusul keberhasilan penyewaan sepeda, yang juga banyak dilakukan di kota-kota lain di Eropa.

MUTE, mobil listrik kreasi mahasiswa Universitas Teknik Munich, Jerman

Dalam masa percobaan selama dua bulan, mobil listrik Bluecar ini dapat disewa selama 30 menit dengan biaya antara empat sampai delapan euros, sekitar Rp 45.000-Rp 95.000.
Seperti dikutip dari BBC, sistem penyewaan mobil listrik yang disebut Autolib ini juga memungkinkan orang menjadi anggota dengan biaya 10 euros per hari sampai 144 euros per tahun.
Mobil-mobil listrik ini disediakan oleh pengusaha Vincent Bollore dan diproduksi oleh teknisi Italia, Pininfarina, yang terkenal mendesain Ferrari dan Maserati.
Mobil-mobil ini dapat menempuh perjalanan 250 kilometer sebelum harus diisi kembali dengan baterai selama empat jam.
Dalam rencana awal ini, 66 mobil untuk empat penumpang ini akan tersedia di 33 stasiun pengisian baterai di Paris. Namun walikota Paris Bertrand Delanoe merencanakan untuk memperbanyak menjadi 3.000 kendaraan di lebih dari 1.000 stasiun pengisian pada akhir tahun 2012.
Proyek ini dapat berjalan karena perusahaan-perusahaan besar tertarik untuk menanamkan investasi lebih besar di Eropa. Renault SA dan perusahaan satu induk dari Jepang Nissan Motor menanamkan modal empat miliar euro untuk kendaraan listrik ini.
Carlos Ghosn, direktur Renault dan Nissan mengatakan penjualan mobil listrik ini akan mencapai sekitar 10% dari penjualan mobil baru pada tahun 2020.

No comments:

Post a Comment